1. Sesuaikan dengan kebutuhan
    Ada berbagai macam jenis kendaraan sesuai dengan model atau bentuk dan juga kegunaannya. Mulai dari kendaraan kendaraan pribadi sampai kendaraan niaga. Untuk menentukan pilihan mobil apa yang harus kita beli, ada baiknya kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Kita akan menggunakan mobil tersebut untuk keperluan pribadi/keluarga atau niaga. Kita akan menggunakan mobil tersebut untuk keluarga kecil atau keluarga besar. Jangan sampai kita membeli mobil dengan kapasitas penumpang sedikit namun digunakan untuk keluarga besar. Demikian juga sebaliknya, jika hanya digunakan untuk keluarga kecil tidak perlu kita membeli mobil yang besar
  2. Sesuaikan dengan budget
    Setelah kita tentukan jenis mobil apa yang kita butuhkan, kita tengok dana yang kita anggarkan untuk membeli mobil tersebut. Pastikan dana yang kita anggarkan lebih besar dari harga mobil yang akan kita beli. Hal ini untuk mengantisipasi biaya perawatan mobil tersebut. Karena biaya perawatan mobil bekas bisa jadi lebih besar dari biaya perawatan mobil baru. Apalagi mobil yang kita beli ternyata ‘banyak PR’.
  3. Pilih merek yang sesuai
    Walaupun merek sebenarnya bisa disesuaikan dengan selera, namun ada baiknya bila kita memilih mobil bekas dengan merek yang sudah kita kenal dan tidak asing di telinga kita. Karena ini akan berpengaruh pada nilai jual kembali dan biaya perawatan mobil tersebut, termasuk dengan ketersediaan spare part di pasaran. Semakin jarang merek mobil bekas yang kita pilih, maka semakin susah spare partnya bisa kita temukan dan bisa jadi harganya sangat mahal. Namun bila sebuah merek tertentu sudah menjadi idaman atau impian kita, tidak ada salahnya kita membeli mobil bekas dengan merek tersebut.
  4. Pilih penjual yang tepat
    Ada banyak pilihan penjual, mulai dari yang perorangan hingga profesional. Bila kita ingin mendapatkan banyak pilihan maka datanglah ke penjual profesional (showroom). Namun tidak ada salahnya kita membeli dari perorangan. Karena setiap penjual memiliki nilai positif dan negatif masing-masing. Untuk itu kita harus pandai-pandai memilih sesuai dengan kebutuhan dan budget kita.
  5. Manfaatkan media cetak dan media online
    Untuk memudahkan kita dalam mencari mobil bekas yang sesuai dengan kebutuhan kita ada baiknya kita tengok media cetak atau media online terlebih dahulu sebelum datang langsung ke penjual. Terlebih saat ini situs jual beli online sudah sangat banyak dan bisa diakses dari mana saja.
  6. Buatlah list mobil incaran
    Mobil yang dijual dalam marketplace baik itu di media cetak ataupun media online sangat banyak dan beragam. Ada baiknya kita mencatat atau membuat list mobil mana saja yang menjadi incaran sesuai dengan kebutuhan dan budget yang tersedia sebelum akhirnya kita tengok langsung mobil tersebut. Jangan tertipu dengan harga murah, karena yang dijual murah kemungkinan besar kondisinya tidak sesuai ekspektasi.
  7. Mengajak teman yang paham tentang mobil
    Bila pengetahuan kita tentang mobil terbatas, sebaiknya kita mengajak teman yang lebih paham tentang mobil saat akan menengok langsung mobil incaran kita. Jangan sampai kita seperti membeli kucing dalam karung. Pastikan keadaan mobil sesuai dengan harga yang telah ditawarkan. Karena penyesalan selalu datang di akhir.
  8. Sabar dalam menentukan pilihan
    Usahakan kita memiliki pilihan mobil incaran lebih dari satu. Hal ini untuk dijadikan sebagai referensi dan perbandingan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kita. Kita harus bersabar saat memilih mobil bekas. Jangan mudah terbawa perkataan penjual yang biasanya mengatakan bahwa mobil tersebut sudah diincar oleh banyak orang. Pastikan bahwa mobil tersebut benar- benar sesuai dengan yang kita butuhkan.
  9. Menghubungi penyedia jasa inspeksi mobil bekas
    Apabila kita tidak punya teman yang paham tentang mobil, kita bisa menghubungi penyedia jasa inspeksi mobil bekas seperti tengokin.com. Pastikan penyedia jasa inspeksi mobil bekas yang kita hubungi sifatnya independen atau tidak memihak kepada penjual maupun pembeli, sehingga hasil inspeksi bersifat objektif. Cara ini selain bisa menghemat waktu dan tenaga, kita akan mendapat kepastian tentang kondisi yang sesungguhnya dari mobil incaran kita.
Open chat
Halo kak, Kami dengan Tengokin.
Ada yg bisa kami bantu ?
Powered by